Image and video hosting by TinyPic

Cara Cek Harddisk Bad Sector Mudah

Ilmu Memperbaiki Komputer - Cara Cek Harddisk Bad Sector -Bad Sector,Bad sector adalah kerusakan pake Hard Drive ( hardware nya ) yaitu kerusakan pada image disc nya.

DOWNLOAD BUKU


Dalam pengertiannya Bad Sector adalah sektor pada disk drive komputer atau memori flash yang tidak dapat digunakan karena kerusakan permanen (atau ketidakmampuan OS untuk berhasil mengaksesnya), seperti kerusakan fisik pada permukaan disk atau gagal transistor memori flash. Hal ini biasanya dideteksi oleh perangkat lunak utilitas disk seperti CHKDSK atau Scandisk pada sistem Microsoft, atau blok buruk pada sistem Unix-like. Ketika ditemukan, program-program ini dapat menandakan sektor tidak dapat digunakan (semua sistem file berisi ketentuan untuk menandai sektor buruk) dan sistem operasi melewati mereka di masa depan.
Sekilas tentang pengertian bad sector diatas, namun yang akan saya paparkan adalah bagaimana cara mengatasi bad sector hardisk menggunakan tool MHDD.

Bad Sector sering terjadi karena mematikan PC/laptop langsung dari tombol power , Install Ulang OS Secara terus menerus , Tegangan listrik yg tidak stabil , dan sebagainya

Untuk cek Anda bisa memakai Hard Disk sentinel , Mdisk
Untuk Cara yg memakai harddisk sentinel anda tinggal membuka aplikasi dan lihatlah

Contoh HDD yg normal : 
Menurut Harddisk sentinel Hard drive saya sedang dalam keadaaan Baik dengan suhu 42 Derajat Celcius.
Atau anda ingin dengan cara lain yaitu dengan CMD CHKDISK tanpa aplikasi apapun :

Tutorialnya :

1.Buka Command Prompt den menjalankannya Sebagai admin ( Run Administartor )
2.Ketikkan " chkdisk "


3.Tunggu hingga proses selesai ( 100% )



4.Lihat bagian yg saya beri KOTAK , kalau 0KB Bad sectors berarti Hard Drive anda dalam keadaaan baik , jika ada diatas angka 0 ( Misal 500MB ) berarti Hard Drive anda dalam keadaan Bad Sector.

Dan usahakan Backup di Hard Drive Lain. Mudah bukan? Bayangkan kalau anda punya Hard Disk 3Tera tiba-tiba Bad Sector 1Tera , data anda akan lenyap dalam sekejap.

2 Responses to "Cara Cek Harddisk Bad Sector Mudah"