Image and video hosting by TinyPic

Sejarah Jaringan/Lan Komputer Terlengkap

Tiga abad sebelum sekarang , masing masing ditandai dengan dominasi yang berbeda. Abad ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang mengiringi revolusi industri. Abad ke -19 merupakan jaman mesin uap. Abad ke-20 teknologi radio,tv dan komputer memegang peran untuk pengumpulan , pengolahan, dan media distribusi informasi. Abad ke-21 ini , dimana teknologi jaringan komputer global mampu menjangkau seluruh wilayah dunia, pengembangan sistem dan teknologi yang digunakan, pentebaran melalui media internet, peluncuran satelit satelit komunikasi dan perangkat komunikasi wireles, menndai awal abad milenium.



Sejak memasyarakatnya internet dan dipasarkannya sistem operasi windows 95 oleh Microsoft Inc.,menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN sampai WAN menjadi hal yang mudah dan biasa. Demikian pula dengan konsep dowmsizing maupun lightsizing yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya dalam peralatan komputer, hal ini menyebabkan kebutuhan akan sebuah jaringan komputer merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakan lagi.
Pengertian Jaringan Komputer – Jaringan komputer adalah komputer-komputer yang dihubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Konsep dasar jaringan internet dan intranet dimulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan “jaringan” untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir. Jaringan komputer berfungsi untuk melakukan pertukaran data, melakukan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server. Dalam jaringan komputer, ada yang dinamakan jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.

Pengertian Jaringan Komputer



  • Jaringan Terdistribusi
Jaringan terdistribusi adalah jaringan yang pemrosesannya dilakukan di setiap komputer itu sendiri.

  • Jaringan Tersentralisasi
Jaringan tersentralisasi adalah jaringan komputer yang pemrosesannya dilakukan secara terpusat yaitu dipusatkan pada server itu sendiri sehingga komputer-komputer pengguna sebagai client.

  • Manfaat Jaringan Komputer
  1. Membuat sistem komputer menjadi lebih mudah dan fleksibel
  2. Berbagai macam aplikasi dapat dijalankan di berbagai macam jenis komputer
  3. Tidak ada ketergantungan pada satu jenis komputer,sehingga memungkinkan berbagai merk komputer dapat saling berhubungan
  4. Reliabilitas tinggi
  5. Membagi sumber daya
  6. Dengan adanya pemrosesan terdistribusi dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat
  7. Memperluas kegunaan dan daya guna Sistem Operasi
  8. Mendukung kecepatan berkomunikasi
  9. Memudahkan pengaksesan informasi

Jaringan komputer adalah komputer-komputer yang dihubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Konsep dasar jaringan internet dan intranet dimulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan “jaringan” untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir.Jaringan komputer berfungsi untuk melakukan pertukaran data, melakukan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server. Dalam jaringan komputer,ada yang dinamakan jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.

  • LAN (Local Area Network)


LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil,umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung , tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m. Baca Cara Memperbaiki Jaringan [ KLIK DISINI ]
  • MAN (Metropolitan)



Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN , misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya. Baca Cara Memperbaiki Jaringan Komputer [ KLIK DISINI ]
  • WAN (Wide Area Network)


WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat opik, karena jangkauannya lebih luas bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam satu wilayah tapi mulai menjangkau area / wilayah otoritas negara lain.

Sebuah contoh, jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan , jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang terbesar di seluruh dunia,dan lain lain.

Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks dibanding LAN ataupun MAN. Menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet , meski demikian antara LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkupa areanya saja yagn berbeda satu dengan yang lain. Baca Cara Memperbaiki Jaringan Komputer Rusak Total [KLIK DISINI]

Rekomendasi Yang Sangat Penting Untuk Anda !!

Segera Miliki Buku Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Jaringan Komputer Rusak Total Serta Materi Lengkap Belajar Ilmu Jaringan Komputer di bawah ini.


Miliki Segera Buku Ini PESAN SEKARANG KLIK DISINI dan anda berhak mendapatkan bonus ebook di bawah ini.


Baca Daftar Isi Buku Jaringan Komputer KLIK DISINI

0 Response to "Sejarah Jaringan/Lan Komputer Terlengkap"

Post a Comment